PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD

Wulandari, Rifka (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Rifka Wulandari_20108241074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Menghasilkan media pembelajaran scrapbook berorientasi Education for Sustainable Development yang layak dan praktis digunakan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD Negeri Turi 3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Terdiri dari lima tahapan ya: (1) analyze: (2) design: (3) develop; (4) implement; (5) evaluate. Produk yang dihasilkan adalah scrapbook materi hak dan kewajiban berorientasi Education for Sustainable Development (ESD). Tempat penelitian adalah SD Negeri Turi 3. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa kelas IV SD Negeri Turi 3. Uji coba dilaksanakan pada one-toone dan small group trial. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media scrapbook berorientasi ESD dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE; (2) media scrapbook berorientasi ESD layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan Pancasila pada kelas IV SD Negeri Turi 3. Kelayakan dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,93 dengan persentase skor 98,6% (sangat layak), hasil validasi ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,9 dengan persentase skor 98% (sangat layak). Kepraktisan dapat dilihat dari hasil uji coba pada guru mendapatkan total skor 4,7 dengan persentase 94% (sangat praktis), sedangkan hasil uji coba one-to-one (3 siswa) mendapatkan total skor 42 dengan persentase 93,3% (sangat praktis), dan uji coba small group trial mendapat total skor 209 dengan persentase 92,8% (sangat praktis). Selain itu hasil pre test dan post test pada uji coba siswa kelas IV berjumlah 18 siswa mengalami peningkatan dengan perhitungan nilai N-Gain sebesar 0,63 (efektif). Kata Kunci : ESD, Hak dan Kewajiban, Pendidikan Pancasila, Scrapbook

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:36
Last Modified: 10 Jun 2024 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82314

Actions (login required)

View Item View Item