Afifah, Arini Lita (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH 5S DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA DI SDN SINDUREJAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI ARINI LITA AFIFAH 20108244003 PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui program budaya 5S dalam meningkatkan kemampuan interpersonal siswa yang meliputi (1) pemahaman guru terhadap hakikat pendidikan karakter, (2) kegiatan yang dilaksanakan dalam program 5S, (3) nilai-nilai yang ada dalam budaya sekolah melalui program 5S, (4) Faktor pendukung, faktor penghambat dan upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat program 5S. Penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru pengampu ekstrakurikuler, dan siswa kelas 2, 3, dan 4 SD Negeri sindurejan. Peneliti menggunakan cara pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu drngan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen. Proses analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa SD Negeri sindurejan telah menerapkan dan menanamkan pendidikan karakter melalui program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). (1) kepala sekolah, guru kelas,guru pengaruh ekstrakurikuler telah memahami hakikat pendidikan karakter. (2) kegiatan dari program 5S dilaksanakan dalam program pengembangan diri yang terdiri dari 4 kegiatan yaitu kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian, budaya sekolah melalui program 5S juga dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran pelaksanaannya secara spontan ketika di ruangan kelas dan ekstrakurikuler. (3) nilai-nilai yang ada dalam program 5S adalah nilai toleransi yang tinggi, peduli sosial, sikap tolong-menolong, dan cinta kedamaian. (4) faktor pendukung dari program 5S yaitu dari adanya dukungan dari seluruh warga sekolah, adanya guru yang profesional dan cekatan dalam melaksanakan program pendidikan karakter, lingkungan sekolah yang nyaman dan tentram, dan materi pelajaran serta materi ekstrakurikuler yang mendukung adanya program budaya 5S. Faktor penghambatnya yaitu dengan adanya peserta didik yang berperilaku yang kurang santun dan sopan, tidak menaati peraturan dan tidak tertib sekolah, upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat yaitu dengan mengingatkan secara terus-menerus menanamkan pendidikan karakter. Selain itu guru juga berkoordinasi dengan wali murid untuk menanamkan kembali pendidikan karakter ketika di sekolah diterapkan di rumah. Kata kunci: pendidikan karakter, 5S, kemampuan interpersonal siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Etika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 03:53 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 03:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |