Ariyanto, Ariyanto (2024) Hubungan Kompetensi Guru, Kualitas Sarana Prasarana, Partisipasi Peserta Didik, dan Kebijakan Sekolah dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PJOK di MA Ma’arif Darussholihin. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_ariyanto_22633251010.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi guru, kualitas sarana dan prasarana, partisipasi siswa dan kebijakan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PJOK di MA Ma‟arif Darussholihin, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya hubungan antara atau dua variabel dengan mengumpulkan data numerik yang dapat diukur terkait kompetensi guru, kualitas sarana dan prasarana, partisipasi siswa, kebijakan sekolah dan motifasi belajar. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X –XII yang berjumlah 350 peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 160 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Validasi data menggunakan rumus product moment dengan r hitung < r tabel (0,154). Reliabilitas menggunakan Crombach Alpha yaitu reabilitas (0,945) Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier, yang akan melibatkan berbagai uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis data terdapat hubungan yang signifikan antara variabel dependen dan variabel independen. Nilai F tabel (2,43<2560,354 dan nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Maka dapat di katakan bahwa nilai variabel independen memiliki hubungan yang simultan terhadap variabel dependen. Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan motifasi belajar peserta didik dengan r hitung sebesar 0,928 maka H1 diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara sarana prasarana dan motivasi belajar dengan r hitung sebesar 0,955 maka H2 diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara partisipasi siswa dan motivasi belajar dengan r hitung sebesar 0,995 maka H3 diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara kebijakan sekolah dan motivasi belajar dengan r hitung sebesar 0,904 maka H4 diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan variabel dependen dengan r hitung sebesar 0,945 maka H5 diterima. Simpulan penelitian yaitu ada hubungan yang signifikan antara kompetensi guru, kualitas sarana dan prasarana, partisipasi siswa, kebijakan sekolah dengan motivasi belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D. |
| Uncontrolled Keywords: | kompetensi guru, sarana dan prasarana, partisipasi siswa, kebijakan sekolah, motivasi belajar |
| Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | Perpustakaan FIK |
| Date Deposited: | 07 Jun 2024 07:29 |
| Last Modified: | 07 Jun 2024 07:29 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
