PENGARUH MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 01 KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR

Novanti, Alya Nanda (2024) PENGARUH MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 01 KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Naskah Skripsi Alya Nanda Novanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan pemecahan masalah materi luas dan keliling bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Karanganyar yang berjumlah 89, sedangkan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 59 peserta didik yang terbagi dari kelas A dan B. Kelas IV A digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tabel distribusi frekuensi. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa rata-rata tes kelas eksprimen adalah 85,13 dan 70,76 kelas kontrol. Hasil test kelas eksperimen masuk pada kategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori baik. Uji hipotesis menggunakan paired sample dan independent t-test, diperoleh t-hitung sebesar 14,375 sedangkan nilai tabel pada tingkat signifikan 5% (0,05) dan df=57 sebesar yang berarti t- hitung > tabel 21.745 > 2,00247. Sementara untuk nilai signifikansinya sebesar yang berarti lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00. Jadi, hasil penelitian menunjukan adannya pengaruh signifikan penggunaan model SAVI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi luas dan keliling bangun datar kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci : Model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI), Kemampuan pemecahan masalah , luas dan keliling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:00
Last Modified: 06 Jun 2024 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82252

Actions (login required)

View Item View Item