PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS IV SD NEGERI PERCOBAAN 2

Kusumawati, Nur (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS IV SD NEGERI PERCOBAAN 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI_NUR KUSUMAWATI_NIM 20108241108 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan terhadap media pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan multimedia interaktif pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban kelas IV SD Negeri Percobaan 2; (2) Menghasilkan multimedia interaktif yang praktis digunakan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban kelas IV SD Negeri Percobaan 2. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model penelitian ADDIE, yaitu analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan subjek pada uji coba lapangan awal sebanyak 3 siswa dan subjek pada uji coba lapangan utama sebanyak 18 siswa kelas IV SD Negeri Percobaan 2. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif pembelajaran Pendidikan Pancasila materi hak dan kewajiban layak dan praktis untuk digunakan siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan pada hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,13 (sangat layak). Hasil validasi ahli media memperoleh skor 4,8 (sangat layak). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh persentase 96,66% (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama memperoleh skor 97,77% (sangat praktis). Hasil respon guru pada uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat praktis”. Kata kunci: Multimedia Interaktif, Hak dan Kewajiban

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:20
Last Modified: 05 Jun 2024 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82214

Actions (login required)

View Item View Item