Pengaruh Penerapan Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Paringin

Syarif, Izzudin (2012) Pengaruh Penerapan Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Paringin. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-izuddin-syarif-10702259006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran KKPI antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model face-to-face learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model blended learning, (2) perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran KKPI antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model face-to-face learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model blended learning, (3) peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran KKPI akibat penerapan model blended learning, (4) peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran KKPI akibat penerapan model blended learning, dan (5) interaksi pengaruh penerapan model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa SMKN 1 Paringin Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran model campuran (blended learning) dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran model tatap muka (face-to-face learning). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 1 Paringin. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu 30 siswa sebagai kelompok kontrol dan 27 siswa sebagai kelompok eksperimen. Instrumen pengumpulan data adalah lembar kuesioner untuk motivasi siswa dan lembar tes soal pilihan ganda untuk prestasi belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes soal pilihan ganda. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes soal pilihan ganda dan kuesioner. Kedua teknik tersebut diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik parametrik uji-F, uji-t dan uji univariat Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang menggunakan model blended learning dan siswa yang menggunakan model face-to-face learning, (2) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan model blended learning dan siswa yang menggunakan model face-to-face learning, (3) ada peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan akibat penerapan model blended learning, (4) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan akibat penerapan model blended learning, dan (5) tidak terdapat interaksi pengaruh penerapan model pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: blended learning, face-to-face learning, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:10
Last Modified: 27 Sep 2022 02:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8221

Actions (login required)

View Item View Item