Fitri Sam Br Matondang, Nurul Endah Amara (2024) ANALISIS KOMPARATIF BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS 1 SD MATERI BANGUN DATAR DALAM TIGA KURIKULUM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI_NURUL ENDAH_19108241139.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan dan persamaan dari segi karakteristik umum pada buku teks matematika kelas 1 SD antar setiap kurikulum serta dari segi mathematical task berdasarkan level tuntutan kognitif, format representasi, aktivitas matematis, fitur kontekstual dan bentuk jawaban pada buku teks matematika kelas 1 SD setiap kurikulum. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis perbandingan buku teks matematika SD Kelas 1 dari tiga kurikulum terakhir Indonesia yaitu Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013 Revisi 2017 dan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga buku teks matematika memiliki perbedaan karakteristik fisik jumlah total halaman dan informasi latar belakang. Sedangkan persamaan karakteristik fisik ketiga buku teks matematika adalah ukuran buku. Perbedaan ketiga buku teks matematika berdasarkan struktur keseluruhan terletak pada jumlah sub-bab, urutan materi, dan peletakan materi bangun datar, jumlah dan persentase halaman materi bangun datar. Mathematical task pada ketiga buku teks matematika didominasi fitur kontekstual non application dan level tuntutan kognitif, mathematical task didominasi oleh tipe memorization pada ketiga buku teks. Perbedaan terdapat pada jumlah mathematical task pada setiap kategori dan jenis level tuntutan kognitif. Ketiga buku teks matematika didominasi dengan format representasi kombinasi tidak ada mathematical task yang disajikan dengan format representasi visual saja. Persamaan ketiga buku teks matematika dari segi bentuk jawaban yaitu didominasi oleh bentuk jawaban close-ended. Perbedaan terdapat pada jumlah mathematical task berdasarkan kategori bentuk jawaban dan besar persentase tiap masing-masing kategori. Persamaan mathematical task dari segi aktivitas matematis adalah didominasi oleh aktivitas resolving dan tidak memiliki mathematical task dengan aktvitas estimating. Kata Kunci : Kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:07 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |