Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Djatmiko, Istanto Wahju (2012) Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-istanto-wahyu-djatmiko-07702261005.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian disertasi ini dirancang untuk: (1) memperoleh gambaran lima variabel dalam penelitian ini, yaitu: kematangan psikologis (X1), kemampuan mengelola pengetahuan dan keterampilan (X2), kegiatan pengembangan keprofesionalan (X3), kinerja guru (X4), serta keefektifan guru SMK (X5); (2) menemukan pengaruh antar masing-masing kelima variabel di atas; (3) menguji struktur hubungan kausal terhadap kelima variabel di atas; dan (4) menemukan pengaruh langsung dan tak langsung pasangan variabel dari kelima variabel di atas. Tujuan penelitian disertasi ini dirancang untuk: (1) memperoleh gambaran lima variabel dalam penelitian ini, yaitu: kematangan psikologis (X1), kemampuan mengelola pengetahuan dan keterampilan (X2), kegiatan pengembangan keprofesionalan (X3), kinerja guru (X4), serta keefektifan guru SMK (X5); (2) menemukan pengaruh antar masing-masing kelima variabel di atas; (3) menguji struktur hubungan kausal terhadap kelima variabel di atas; dan (4) menemukan pengaruh langsung dan tak langsung pasangan variabel dari kelima variabel di atas. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto research. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri dan Swasta Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah semua guru program produktif pada SMK tersebut sebanyak 1.636 orang guru. Ukuran sampel penelitian sebanyak 315 orang guru ditentukan dengan rumus Krejcie dan Morgan. Distribusi ukuran sampel setiap SMK pada setiap kabupaten/kota dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket dan wawancara terbuka baku. Validasi isi dilakukan dengan expert judgment dengan teknik Delphi. Validasi konstruk dihitung dengan korelasi Pearson, sedangkan reliabilitas ditentukan dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, regresi, dan analisis jalur. Interpretasi hasil analisis data penelitian dilakukan dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kematangan psikologis (X1) dan kemampuan mengelola pengetahuan dan keterampilan (X2) guru SMK berpengaruh secara signifikan terhadap kegiatan pengembangan keprofesionalan (X3) yang dilakukan guru SMK serta berdampak pada kinerja (X4) dan keefektifan (X5) guru SMK dalam melaksanakan profesinya. Variabel X1 memberikan kontribusi sebesar 44,9 % terhadap variabel X2. Variabel X1 dan X2 secara simultan memberikan sumbangan sebesar 47,6 % terhadap variabel X3. Variabel X1, X2, dan X3 secara simultan memberikan kontribusi sebesar 53,7% terhadap variabel X4. Variabel X1, X2, X3, dan X4 secara simultan memberikan sumbangan sebesar 56,9% terhadap variabel X5. Hasil analisis jalur diketahui nilai koefisien jalur secara berurutan: β21 = 0,670, β32 = 0,590, β42 = 0,343, β41 = 0,324, β54 = 0,316, β53 = 0,312, β52 = 0,237, β43 = 0,169, dan β31 = 0,137 dengan nilai residu e1 = 0,742, e2 = 0,724, e3 = 0,680, e4 = 0,657, sedangkan koefisien jalur β51 tidak memenuhi persyaratan uji struktur. Hasil analisis jalur dapat diketahui juga ada sembilan pasangan variabel berpengaruh langsung dan 13 pasangan variabel berpengaruh tak langsung. Akhirnya, hasil penelitian secara deskriptif dapat dijelaskan bahwa sebagian besar guru SMK (84,1%) memiliki kematangan psikologis termasuk kategori amat baik. Sebagian guru SMK (55,6%) memiliki kemampuan mengelola pengetahuan dan keterampilan termasuk kategori amat baik. Kualitas kegiatan pengembangan keprofesionalan sebagian guru SMK (71,1%) termasuk kategori baik. Sebagian guru SMK (73,3%) memiliki kinerja termasuk dalam kategori amat baik. Sebagian guru SMK (53,0%) menunjukkan kualitas keefektifan dalam bekerja termasuk dalam kategori baik dan sebagian kecil guru SMK lainnya (36,2%) termasuk dalam kategori amat baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: keprofesionalan, guru, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 07:01
Last Modified: 29 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8215

Actions (login required)

View Item View Item