PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SD KASONGAN

Aisyi, Azma Faza (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SD KASONGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Azma Faza Aisyi_20108244094_FIX-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari keterampilan abad 21 yang penting untuk dikembangkan pada siswa karena mempengaruhi proses belajar. Berpikir kritis menjadi komponen dan tuntutan utama dalam semua mata pelajaran termasuk pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model discovery learning pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Kasongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan masing-masing siklus mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kasongan berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui obervasi dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi guru dan siswa serta instrumen tes. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaaan model discovery learning pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil post-test yang diberikan peneliti. Pada tahap pra siklus, persentase ketuntasan siswa sebesar 4% dengan rata-rata 27,2 kemudian meningkat pada siklus I persentase ketuntasan siswa menjadi 68% dengan rata-rata 70,6 dan meningkat kembali pada siklus II dengan persentase ketuntasan siswa menjadi 96% dengan rata-rata 86,6 dan masuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci : Berpikir Kritis, Discovery Learning, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 May 2024 08:24
Last Modified: 25 Sep 2024 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82117

Actions (login required)

View Item View Item