TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI NGEBUNG BERAN PANJATAN KULON PROGO

Lestari, Erlin Indah (2024) TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI NGEBUNG BERAN PANJATAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Fulltext Skripsi_Erlin PGSD_16108244040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan sosial penting dikembangkan sejak dini guna menghadapi berbagai hal yang terjadi berkaitan dengan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan sosial siswa kelas V SD Ngebung Beran Kapanewon Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 21 siswa kelas V SD Negeri Ngebung Beran Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan sosial siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keterampilan sosial yaitu 20,1% siswa kelas V SD Negeri Ngebung Beran masih dalam kategori keterampilan sosial rendah, 57,1% siswa dalam kategori keterampilan sosial sedang, dan 23,8% siswa dalam kategori keterampilan sosial tinggi. Kata kunci: pembelajaran IPS, keterampilan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Filsafat
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 May 2024 04:34
Last Modified: 27 May 2024 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82087

Actions (login required)

View Item View Item