PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS IV A DI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Risqi, Anisa Nur (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN BILANGAN CACAH MELALUI MODEL PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS IV A DI SD NEGERI GEDONGKIWO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI ANISA NUR RISQI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas IV SD Negeri Gedongkiwo materi operasi hitung perkalian bilangan cacah melalui model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Tempat penelitiannya di SD Negeri Gedongkiwo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri Gedongkiwo sejumlah 20 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument penelitiannya menggunakan lembar observasi dan soal tes. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan penelitian ditandai dengan ketuntasan klasikal ≥80% dan telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Penelitian ini juga dikatakan berhasil apabila nilai aktivitas guru dan siswanya ≥85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dapat meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas IV A SDN Gedongkiwo materi operasi hitung perkalian bilangan cacah. Berdasarkan hasil post-test siklus I nilai rata-rata 73,88 dengan persentase ketuntasan meningkat dari 55% menjadi 65%. Pada siklus II nilai rata-rata 81 dengan persentase ketuntasan meningkat kembali menjadi 85%. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa juga terjadi peningkatan persentase keberhasilan aktivitas guru dari 75% menjadi 86,67% dan aktivitas siswa dari 79,17% menjadi 85,17%. Kata Kunci : Kemampuan problem solving, model Pendidikan Matematika Realistik, operasi hitung perkalian bilangan cacah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 May 2024 02:58
Last Modified: 27 May 2024 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82081

Actions (login required)

View Item View Item