Pengaruh Terapi Manual Masase Dengan Kinesiotaping Terhadap Penurunan Bengkak, Nyeri, dan Peningkatan Fungsi Gerak Pada Cedera Pergelangan Kaki

Ranti, Reka Atmada (2024) Pengaruh Terapi Manual Masase Dengan Kinesiotaping Terhadap Penurunan Bengkak, Nyeri, dan Peningkatan Fungsi Gerak Pada Cedera Pergelangan Kaki. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_reka atmada ranti_20603141008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh terapi manual masase dengan kinesiotaping (KT) terhadap penurunan bengkak, (2) menguji pengaruh terapi manual masase dengan kinesiotaping (KT) terhadap penurunan nyeri, (3) menguji pengaruh terapi manual masase dengan kinesiotaping (KT) terhadap peningkatan fungsi gerak pada kasus cedera pergelangan kaki pasien Bengkel Terapi Masase Cedera Olahraga Mafaza. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian sebanyak 46 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 16 orang. Sampel yang terpilih akan diberikan perlakuan terapi manual masase dengan kinesiotaping, perlakuan diberikan selama 20 menit. Pembengkakkan lingkar pada pergelangan kaki diukur menggunakan pita meter, tingkat nyeri diukur menggunakan visual analogue scale (VAS), sedangkan peningkatan fungsi gerak diukur menggunakan foot and ankle disability index (FADI), baik sebelum (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Analisis data menggunakan uji beda, uji parametrik paired-t test yang bertujuan untuk mengetahui selisih data sebelum dan sesudah perlakuan pada subjek penelitian. Hasil analisis data yang dilakukan dengan paired t-test didapatkan nilai signifikansi di bawah 0.05. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perlakuan terapi manual masase dengan kinesiotaping berpengaruh pada penurunan bengkak, penurunan nyeri, dan peningkatan gerak sendi pada cedera pergelangan kaki, dengan nilai sig. <0.001 pada penurunan bengkak, nilai sig.<0.001 pada penurun nyeri, dan nilai sig.<0.001 pada peningkatan fungsi gerak sendi pada cedera pergelangan kaki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terapi manual masase dengan kinesiotaping secara statistik berpengaruh pada penurunan nyeri, dan peningkatan fungsi gerak pada pasien yang mengalami cedera pergelangan kaki.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Rina Yuniana, M.Or.
Uncontrolled Keywords: cedera pergelangan kaki, kinesiotaping, terapi manual masase
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:43
Last Modified: 24 Jul 2024 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82039

Actions (login required)

View Item View Item