Andri, Kornilius (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 2 WONOPETI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Text
Skripsi Kornilius Andri_19108249003.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan kondisi kelas selama proses pembelajaran kurang kondusif. Siswa kurang antusias, asik sendiri, dan beberapa terlihat jenuh serta mengantuk selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, nilai rata-rata latihan soal siswa pada mata pelajaran matematika belum mencapai nilai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah. Oleh karena itu, model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD Muhammadiyah 2 Wonopeti melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 Wonopeti yang berjumlah 10 siswa. Desain penelitian menggunakan Kemmis & Mc Taggart, yang terdiri dari tiga tahapan penelitian yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan dan observasi; (3) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan: (1) keterlaksanaan model pembelajaran CTL adalah 80%; (2) hasil belajar adalah 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang telah mencapai nilai KKM ≥75; (3) keaktifan siswa yaitu ≥80% dari jumlah keseluruhan siswa serta adanya peningkatan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase keterlaksanaan model pembelajaran CTL pada siklus I adalah 87,5%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 95,83%; (2) persentase keaktifan siswa pada siklus I adalah 68% dengan kualifikasi aktif, kemudian meningkat menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat aktif pada siklus II; (3) persentase hasil belajar atau jumlah siswa tuntas yang mencapai KKM pada pra siklus yaitu 20%, kemudian setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran CTL, persentase jumlah siswa tuntas meningkat menjadi 70% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90%. Perolehan persentase tersebut terbilang sudah mencapai kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini. Kata Kunci: Keaktifan siswa, hasil belajar, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 20 May 2024 08:12 |
Last Modified: | 20 May 2024 08:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82011 |
Actions (login required)
View Item |