Siamita, Rindika (2024) HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD GUGUS WIROKUNTOLO KECAMATAN KARANGSAMBUNG KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI_RINDIKA SIAMITA_18108244070_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SD Gugus Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung. Tujuan tersebut berasal dari masalah yang ditemukan berupa orang tua yang kesulitan menggunakan platform untuk pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data berupa skala dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan diseluruh SD Gugus Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung dengan sampel sebanyak 264 orang. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (korelasi product moment). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara keterlibatan orang tua dalam pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SD Gugus Wirokuntolo Kecamatan Karangsambung. Hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi person product moment sebesar 0,000, karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka terdapat hubungan, lalu untuk tingkat hubungan pada kategori rendah dengan nilai 0,269 sehingga dikatakan tidak signifikan. Artinya prestasi belajar siswa tidak terlalu disebabkan oleh keterlibatan orang tua. Kata kunci: Keterlibatan Orang Tua dalam Pembelajaran, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 20 May 2024 08:00 |
Last Modified: | 20 May 2024 08:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |