UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PROGRAM LINEAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SQUARE DI SMK MUDA PATRIA KALASAN UNTUK SISWA KELAS X-C

Afni Tiyasuci (2010) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PROGRAM LINEAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SQUARE DI SMK MUDA PATRIA KALASAN UNTUK SISWA KELAS X-C. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_UPAYA_MENINGKATKAN_PEMAHAMAN_KONSEP_PADA_MATERI_PROGRAM_LINEAR_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_MELALUI_MODEL_COOPERATIVE__TIPE_THINK_PAIR_SQUARE_DI_SMK_MUDA_PATRIA_KALASAN_UNTUK_SISWA_KELAS_X.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi Program Linear melalui penerapan cooperative learning tipe think pair square. Penelitian dilakukan pada seluruh siswa kelas X-C SMK Muda Patria Kalasan tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa peneliti sebagai instrumen utama, lembar observasi, tes, dan pedoman wawancara dengan siswa dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan siswa dan guru, tes dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif pada setiap siklusnya. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan di setiap siklusnya. Kesimpulan setelah pelaksanaan penelitian tindakan, yaitu (1) pembelajaran tipe think pair square yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu think, pair, dan square. Tahap pertama yaitu tahap think, secara individu siswa diberi waktu untuk memahami masalah yang telah diberikan. Tahap selanjutnya adalah tahap pair yang merupakan tahap dimana guru mengundang siswa untuk berdiskusi secara berpasangan dengan teman mereka, dalam hal ini teman sebangku. Tahap terakhir adalah tahap square, tahap dimana kedua pasangan siswa saling bergabung sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan untuk berdiskusi kemudian dipresentasikan dengan seluruh kelas. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran tipe think pair square di kelas X-C SMK Muda Patria Kalasan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, hal ini ditunjukkan dari: (a) Rata-rata persentase keterlaksanaan dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran think pair square meningkat dari 87,13% dengan kategori tinggi pada siklus I menjadi 98,48% dengan kategori tinggi pada siklus II, (b) Nilai rata-rata tes meningkat, pada akhir siklus I adalah 74,35 sedangkan pada siklus II adalah 81,55 (c) hasil wawancara peneliti dengan siswa, menunjukkan bahwa dengan think pair square pemahaman konsep siswa meningkat dan siswa lebih termotivasi karena mereka dapat mengerjakan tugas dengan kemampuan sendiri dan berdiskusi dengan teman. Kata Kunci: Think Pair Square, pemahaman konsep matematika siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:37
Last Modified: 08 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item