Azizah, Umaymah Nurul (2024) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ASSALAAM SANDEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
|
Text
Naskah skripi_Umaymah Nurul A_19108241104_PGSD B.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Manajemen perpustakaan SDIT Assalaam Sanden pada dasarnya merupakan proses untuk mengoptimalkan peran warga sekolah, unsur perpustakaan, anggaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perpustakaan yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan di SDIT Assalaam Sanden. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian di perpustakaan SDIT Assalaam Sanden Bantul. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, guru kelas, serta satu siswa kelas tiga, empat, lima dan enam sebagai cross check. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, & Saldana, meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumer dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perpustakaan SDIT Assalaam Sanden meliputi: a. perencanaan mulai dari pembuatan visi, misi, tujuan perpustakaan. Penambahan koleksi 6% setiap tahun dan penganggaran dana 5% untuk perpustakaan. b. Pengorganisasian dengan mengangkat kepala perpustakaan, tenaga perpustakaan, membuat jadwal kunjung dan melakukan koordinasi dengan guru. c. Pelaksanaan dengan menghadirkan gedung perpustakaan, 12 macam layanan, perabot dan perlengkapan berjumlah 79 macam, koleksi cetak berjumlah 3.553 eksemplar, koleksi audio visual berjumlah 104, kerja sama dengan perpustakaan daerah, program cipta karya, melakukan perawatan dan pelestarian bahan pustaka. Administrasi perpustakaan dilakukan secara otomasi dengan SLiMS versi 8.3.1 akasia d. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan pustakawan melalui jumlah kunjungan, peminjaman dan pengembalian, pembuatan peraturan, serta evaluasi kegiatan dan program perpustakaan. Kata kunci: Manajemen, Perpustakaan, Sekolah
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Agama Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Admin PGSD FIP |
| Date Deposited: | 25 Jun 2024 01:39 |
| Last Modified: | 25 Jun 2024 01:39 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
