Widyasari, Shinta (2024) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Meroda Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Karangrejo Kabupaten Tulungagung. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_shinta widyasari_22633251003.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kinerja proses pembelajaran guru dalam senam lantai meroda melalui pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Karangrejo (2) Hasil belajar senam lantai meroda melalui pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang meliputi (1) Tahapan perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karangrejo, Kabupaten Tulungagung. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII yang berjumlah 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan meroda yaitu 80% dari jumlah peserta didik dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) interval nilai 80 – 100. Untuk kriteria keberhasilan kinerja guru yang telah mendapatkan skor ≥ 85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai meroda peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Karangrejo. Hasil pengamatan kinerja guru pada siklus 1 diperoleh nilai sebesar 81,2. Sedangkan hasil pengamatan kinerja guru pada siklus 2 sebesar 90,6. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh hasil belajar meroda peserta didik dengan kriteria keberhasilan sebesar 68,8%, sehingga diadakanlah siklus 2. Pada siklus 2 terjadi peningkatan pada hasil belajar meroda peserta didik sebesar 84,4%. Bagi para guru, disarankan untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar, menciptakan suasana kelas yang menarik di setiap pembelajaran serta membangkitkan semangat belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi, senam lantai meroda, penelitian tindakan kelas |
| Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | Perpustakaan FIK |
| Date Deposited: | 30 May 2024 03:47 |
| Last Modified: | 30 May 2024 03:47 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81943 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
