PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA MATERI UNSUR TRANSISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XIi SMA/MA

Sufatmi , Amir (2012) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA MATERI UNSUR TRANSISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS XIi SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08303249008.pdf

Download (1258Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08303249008.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08303249008.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08303249008.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08303249008.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan handout berbasis kontekstual untuk pembelajaran kimia materi unsur transisi sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA, kemudian menentukan kualitas dari handout tersebut. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model bersifat deskriptif yang menggambarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Handout ditinjau oleh (1) dosen pembimbing sekaligus merangkap sebagai ahli materi dan ahli media, dan (2) peer reviewer . Handout kemudian dinilai oleh 5 orang guru kimia SMA/MA untuk menentukan kualitas handout tersebut. Analisis kualitatif menggunakan standar kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian ini adalah handout berbasis kontekstual untuk pembelajaran kimia materi unsur transisi sebagai sumber belajar mandiri. Berdasarkan penilaian oleh 5 orang guru kimia SMA/MA, skor rata-rata ( ) produk ini adalah 88. Skor rata-rata lebih dari 88 (>71.4). Oleh karena itu handout yang telah dikembangkan tersebut mempunyai kualitas baik (B) dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik kelas XII SMA/MA. Kata kunci: handout, kontekstual, unsur transisi, sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: handout, kontekstual, unsur transisi, sumber belajar mandiri peserta didik kelas XII SMA/MA.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Eprints Depositor
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:44
Last Modified: 04 Dec 2012 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8188

Actions (login required)

View Item View Item