Cahyani, Siti Dwi (2024) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP KESANTUNAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS IV SD SE- GUGUS 1 KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
TAS_Siti Dwi Cahyani_17108241130_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis terhadap kesantunan berbahasa pada siswa kelas IV SD se-Gugus 1 Karangmojo Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex-post facto. Penelitian dilaksanakan di SD se-Gugus 1 Karangmojo, Gunungkidul. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 72 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa angket skala pola asuh demokratis dan skala penggunaan tiga kata ajaib. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 0,264 yang berarti pola asuh demokratis berpengaruh terhadap kesantunan berbahasa sebesar 26,4%, sementara sisanya 73,6% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. Kata kunci : pola asuh demokratis, kesantunan berbahasa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 08:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 08:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |