PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

FAJAR , SUSILO (2012) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 07301244033.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07301244033.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 07301244033.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 07301244033.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07301244033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar matematika dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika materi lingkaran dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang dikembangkan berupa LKS matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII-E SMP N 20 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli media, lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar evaluasi bahan ajar oleh guru, tes hasil belajar siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan data hasil analisis angket respons siswa dengan skor total x = 966. Kata Kunci : LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 06:42
Last Modified: 04 Dec 2012 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8181

Actions (login required)

View Item View Item