Penyetaraan Vertikal Tes Kemampuan Matematika SMP di Kabupaten Sleman

Nurhayati, Etyk (2012) Penyetaraan Vertikal Tes Kemampuan Matematika SMP di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-etyk-nurhayati-10701251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan tes kemampuan matematika; (2) mengetahui karakteristik tes kemampuan matematika; (3) menentukan persamaan kesetaraan vertikal tes kemampuan matematika SMP kelas VII, VIII, dan IX, (4) mengetahui kemampuan siswa SMP kelas VII, VIII dan IX di Kabupaten Sleman. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah respon siswa SMP di Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified proporsional random sampling. Sekolah yang terpilih sebagai sampel adalah SMP N 1 Depok, SMP N 2 Sleman, SMP N 1 Mlati dan SMP N 1 Seyegan. Besar sampel untuk kelas VII sebesar 486 siswa, kelas VIII sebesar 474 siswa, dan siswa kelas IX sebesar 442 siswa. Instrumen yang digunakan adalah 3 perangkat tes kemampuan matematika yang berbentuk tes objektif dengan 4 pilihan jawaban dan menggunakan anchor sebesar 25%. Data yang berupa skor diolah dan disetarakan dengan menggunakan pendekatan teori tes klasik (Microcat Iteman) dan teori tes modern (Bigsteps). Hasil penelitian ini: (1) diperoleh tiga perangkat tes kemampuan matematika; (2) ketiga perangkat tes memiliki rerata tingkat kesukaran dengan kategori sedang, memiliki rerata daya beda dengan kategori baik, dan memiliki reliabilitas dengan kategori cukup, (3) hasil penyetaraan vertikal dengan pendekatan teori tes klasik diperoleh persamaan konversi untuk kelas VII ke kelas VIII adalah Y*=1,203 X – 3,732, persamaan konversi untuk kelas IX ke kelas VIII adalah Y*=0,682 Z + 2,375, dan hasil penyetaraan dengan pendekatan teori tes modern diperoleh persamaan konversi untuk kelas VII ke kelas VIII adalah Y*=bX –1,643 serta persamaan konversi untuk kelas VIII ke kelas IX adalah Y*=bz+0,965, (4) kemampuan siswa kelas VIII lebih baik dibanding kemampuan siswa kelas VII, dan kemampuan siswa kelas IX lebih baik dibanding kemampuan siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penyetaraan vertikal, tes kemampuan matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 05:58
Last Modified: 05 Oct 2022 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8178

Actions (login required)

View Item View Item