Yani Astuti, Anita Dwi (2024) PENGARUH METODE PENUGASAN MELALUI MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD N SARDONOHARJO 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Text
Skripsi_Anita Dwi Yani Astuti_19108244029_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh pemberian tugas mind mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi makan dan dimakan serta transfer energi antarmakhluk hidup; (2) besar pengaruh pemberian tugas mind mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi makan dan dimakan serta transfer energi antarmakhluk hidup; (3) besar pengaruh pemberian tugas konvensional membuat rangkuman terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi makan dan dimakan serta transfer energi antarmakhluk hidup Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N Sardonoharjo 1, SD N Sardonoharjo 2, dan SD N Candi Rejo yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 82 peserta didik. Sampel penelitian adalah kelas V SD N Sardonoharjo 1 yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan pemberian tugas mind mapping dan kelas V SD N Sardonoharjo 2 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan pemberian tugas konvensional membuat rangkuman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan soal posttest. Pengujian prasyarat analisis mengunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test, N-gain, dan effect size untuk membandingkan hasil pemahaman konsep antara kelas eksperimen yang diberi penugasan mind mapping dengan kelas kontrol yang diberi penugasan konvensional membuat rangkuman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pemberian tugas mind mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik dengan taraf signifikansi 0,023 dan skor peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,39; (2) besar pengaruh pemberian tugas mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik berdasarkan analisis effect size sebesar 0,455 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: penugasan, konvensional, mind mapping, pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 03:37 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 03:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81690 |
Actions (login required)
View Item |