Jusmin, Emilda (2012) Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah, Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Kesiapan Bewirausaha Siswa di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-emilda-jusmin-10702259043.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang keluarga, kegiatan praktik di unit produksi sekolah, dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK di kabipaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMKN di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Sampel sebanyak 205 siswa yang ditentukan menggunakan tehnik proportional Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dari Scale sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Hasil reliabilitas dan validitas kesiapan berwirausaha 0,852, latar belakang keluarga 0,797, kegiatan praktik di unit produksi sekolah 0,882 dan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan 0,850. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi ganda pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan (p<0,05) variable latar belakang keluarga terhadap kesiapan berwirausaha dengan kontribusi sebesar 19,3%, koefisien regresi ganda 0,451. Sebanyak 46,3% siswa memiliki latar belakang keluarga dalam kategori rendah; 2) terdapat pengaruh yang signifikan (p<0,05) variable kegiatan praktik di unit produksi sekolah terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMK dengan kontribusi sebesar 21,7%, koefisien regresi ganda 0,516. Sebanyak 40% siswa memiliki kegiatan praktik di unit produksi sekolah dalam kategori rendah; 3) terdapat pengaruh yang signifikan (p<0,05) pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha dengan kontribusi sebesar 18,5 %, koefisien regresi ganda 0,337. Sebanyak 46,8% siswa yang memiliki pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dalam kategori rendah; dan 4) terdapat pengaruh yang signifikan (p<0,05) secara bersama-sama variable latar belakang keluarga, kegiatan praktik di unit produksi sekolah, pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dengan kontibusi sebesar 34,7%. Sebanyak 42,9% siswa yang memiliki kesiapan berwirausaha dalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | latar belakang keluarga, kegiatan praktik, unit produksi sekolah, pembelajaran kewirausahaan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 05:55 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 02:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8167 |
Actions (login required)
View Item |