KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI TAMAN KYAI LANGGENG MAGELANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER 2

Munifah, Munifah (2012) KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI TAMAN KYAI LANGGENG MAGELANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER 2. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08304241017.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08304241017.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08304241017.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08304241017.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08304241017.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis Kupu- kupu di Taman Kyai Langgeng Magelang, menyusunnya menjadi alternatif bahan ajar pengayaan dalam bentuk modul dan mengembangkan modul yang telah disusun tersebut melalui pemberian tinjauan dan masukan. Penelitian ini terbagi dalam dua tahap, yakni penelitian deskriptif eksploratif pada tahap pertama, dan penelitian pengembangan (Research and Development) pada tahap kedua. Pada penelitian tahap kedua, hasil penelitian tahap pertama diangkat menjadi sumber belajar biologi melalui identifikasi proses dan produk penelitian ke dalam organisasi instruksional berupa RKP dan RPP. Sumber belajar kemudian dikemas menjadi bahan ajar pengayaan berbentuk modul semi self contained . Penilaian kualitas bahan ajar pengayaan modul sebatas pada tinjauan dan masukan dari guru biologi mencakup aspek materi, aspek penyajian/media, dan aspek keterbacaan/bahasa. Hasil penelitian eksploratif (penelitian tahap1) menunjukkan ditemukannya 37 jenis kupu-kupu di kawasan Taman Kyai Langgeng Magelang, dari 5 famili yang berbeda, yaitu 4 spesies dari famili papilionidae, 4 pieridae, 1 lycaenidae, 24 nymphalidae dan 4 hesperiidae. Proses pengangkatan hasil penelitian eksploratif menjadi sumber belajar menunjukkan bahwa hasil penelitian memenuhi syarat menjadi sumber biologi. Pengemasan hasil penelitian menjadi modul dilakukan secara prosedural menjadi modul berbentuk semi self contained . Pengembangan modul dilakukan berdasarkan tinjauan dan masukan guru biologi, produk modul yang disusun secara umum baik . Kata Kunci : Kupu-kupu, Kyai Langgeng Magelang, Sumber Belajar, Bahan ajar, Modul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kupu-kupu, Kyai Langgeng Magelang, Sumber Belajar, Bahan ajar, Modul.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 05:54
Last Modified: 29 Jan 2019 17:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8163

Actions (login required)

View Item View Item