ASA MALINI, TOSIANA (2012) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA ANTARA CARA MENGAJAR DOSEN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAERAH FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1-06205241018.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-06205241018.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-06205241018.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-06205241018.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-06205241018.pdf Download (582kB) | Preview |
Abstract
Pendidik merupakan sosok yang memiliki kedudukan yang sangat penting bagi pengembangan segenap potensi peserta didik dan merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara cara mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan variabel tunggal. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Bahasa dan Seni dengan subjek mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah yang masih aktif dengan jumlah sampel sebanyak 225 mahasiswa dari jumlah populasi mahasiswa sebesar 616 mahasiswa. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan taeknik simple random sampling. Data prestasi belajar mahasiswa diambil dari jumlah IPK mahasiswa. Data diperoleh dengan metode angket (kuesioner) dan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada mahasiswa diluar sampel yaitu mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2006/2007 sebanyak 30 mahasiswa. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croanbach. Untuk mengetahui hubungan antara cara mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta digunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Ditunjukkan dengan tingkat signifikansi hasil perhitungan antara Cara Mengajar Dosen dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta dengan ditemukan harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,303>0,138). Selanjutnya jika dikonsultasikan dengan perhitungan statististik menggunakan program SPSS ditemukan harga sig. sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel adalah sangat signifikan. Oleh karena hubungan antara kedua variabel menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan maka dengan demikian uji hipotesis ini terbukti. Jadi semakin baik cara mengajar dosen, semakin baik pula prestasi belajar mahasiswanya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Pendidikan Jawa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 04 Dec 2012 03:45 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 07:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8153 |
Actions (login required)
View Item |