Riyadi, Afif Labib (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Basket Peserta Didik Kelas VIII. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_afif labib riyadi_21633251057.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran (TGfU) terhadap motivasi belajar peserta didik. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran (TGfU) terhadap hasil belajar PJOK materi bola basket.(3.) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik. (4.) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran (PBL) terhadap hasil belajar pjok materi bola basket.(5.)Untuk mengetahui Perbedaan pengaruh antara model pembelajaran (TGfU) dan (PBL) terhadap hasil belajar bola basket. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Gamping yang berjumlah 50 peserta didik dari 2 kelas, yang diambil berdasarkan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C dengan jumlah peserta didik masing-masing 25 peserta didik. Kelas VIII A dengan perlakuan model PBL sedangkan kelas VIII C dengan model TGfU. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar tes kognitif dan psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANAVA two way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran (PBL) dan (TGfU) terhadap hasil belajar bola basket dengan dibuktikan dengan kontribusi yang diberikan sebesar 22,7%.(2)Ada interaksi antara model pembelajaran (PBL) dan (TGfU) dengan motivasi belajar (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar bola basket dengan dibuktikan dengan kontribusi yang diberikan sebesar 62,4%.(3)Ada pengaruh model pembelajaran (PBL) terhadap motivasi motivasi belajar peserta didik dengan dibuktikan dengan kontribusi yang diberikan sebesar 87,1%.(4) Ada pengaruh model pembelajaran (PBL) terhadap hasil belajar PJOK materi bola basket 72,2%.(5) Ada Perbedaan pengaruh antara model pembelajaran (TGfU) dan (PBL) terhadap hasil belajar bola basket dengan menunjukkan bahwa model pembelajaran (TGfU) merupakan model yang lebih efektif digunakan untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan model pembelajaran (PBL) lebih efektif digunakan untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes. |
Uncontrolled Keywords: | PBL, TGfU, motivasi, hasil belajar PJOK |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 09:13 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 09:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81516 |
Actions (login required)
View Item |