Pengembangan Sumber Belajar Matematika Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik Sekolah Dasar

Asbani, Asbani (2012) Pengembangan Sumber Belajar Matematika Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asbani-05707254022.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar matematika berbantuan komputer untuk peserta didik Sekolah Dasar yang menarik dan dapat meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dalam enam tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5) produk akhir, serta (6) diseminasi dan implementasi. Uji coba produk meliputi uji coba ahli materi dan ahli media, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV SD Paliyan II Paliyan Gunungkidul. Data diperoleh melalui observasi, angket, dan tes formatif. Analisa data menggunakan teknik analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk sumber belajar Matematika berbantuan komputer untuk peserta didik Sekolah Dasar memiliki tingkat kelayakan yang baik. Rata-rata tingkat kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar 4,96 atau kategori sangat baik; validasi ahli media 5,00 atau kategori sangat baik; uji coba satu-satu sebesar 4,53 atau kategori sangat baik; uji coba kelompok kecil sebesar 4,61 atau kategori sangat baik; dan uji coba lapangan sebesar 4,49 atau kategori sangat baik. Produk sumber belajar tersebut dapat meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pretes dan postes, yaitu dengan perolehan nilai rata-rata pretest 4,66 dan postes 7,50 dengan tingkat ketuntasan 20% menjadi 92,50 %. Daya tarik sumber belajar menunjukkan angka 4,60 dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar berbantuan komputer
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 03:15
Last Modified: 29 Jan 2019 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item