Pengembangan Model Pembelajaran Realistik untuk Geometri Berbasis Artefak Candi Borobudur di SMP.

Nugraheni, Puji and Hanum, Farida (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Realistik untuk Geometri Berbasis Artefak Candi Borobudur di SMP. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_puji nugraheni_16703261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran realistik untuk geometri berbasis artefak Candi Borobudur di SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Unsur-unsur dalam model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan etnomatematika pada artefak Candi Borobudur serta 6 prinsip realistik yaitu aktivitas, realitas, level, inter-twinement, interaksi, dan bimbingan. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan membantu siswa dalam pemahaman konsep dan kemampuan menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan Plomp dengan tahapan pengkajian awal, perancangan produk, realisasi, uji produk hingga memenuhi persyaratan. Produk berupa model pembelajaran tertuang dalam buku model yang dilengkapi contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, dan instrumen penilaian. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa dan guru mata pelajaran matematika SMP di Kabupaten Purworejo. Data diambil melalui observasi, angket, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Produk yang dihasilkan yaitu model pembelajaran PREDiC berbasis artefak Candi Borobudur untuk materi geometri SMP. Model pembelajaran ini memiliki tahapan yaitu menyajikan (presenting), mengaitkan (relating), mengalami (experiencing), berdiskusi (discussing), dan konsolidasi (consolidating). Hasil validasi oleh ahli menyatakan bahwa model pembelajaran memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil uji coba, model pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis. Keefektifan model pembelajaran yang telah dikembangkan ditunjukkan oleh ketercapaian siswa dalam pemahaman konsep dan kemampuan menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran PREDiC berbasis artefak Candi Borobudur untuk materi geometri SMP yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya geometri di SMP.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Candi Borobudur, pembelajaran geometri, matematika realistik
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Ilmu Sosial > Sejarah
Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:59
Last Modified: 13 Mar 2024 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81353

Actions (login required)

View Item View Item