Pengembangan Pembelajaran Mitigasi Bencana Gempa Berbasis STOROGAM untuk Meningkatkan Resiliensi Anak Usia Dini.

Dewi, Dwi Jayanti Kurnia and Dwiningrum, Siti Irene Astuti (2023) Pengembangan Pembelajaran Mitigasi Bencana Gempa Berbasis STOROGAM untuk Meningkatkan Resiliensi Anak Usia Dini. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_dwi jayanti kurnia dewi_19703261026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Indonesia merupakan daerah rawan bencana sehingga anak usia dini perlu dibekali pembelajaran mitigasi bencana yang dapat mengembangkan aspek resiliensi dalam menghadapi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran mitigasi bencana gempa berbasis STOROGAM yang mempunyai karakteristik untuk meningkatkan resiliensi anak usia Taman Kanak-kanak (TK), (2) menghasilkan model pembelajaran mitigasi bencana gempa berbasis STOROGAM yang layak dalam meningkatkan resiliensi anak TK, (3) mengukur efektifitas model pembelajaran mitigasi bencana gempa berbasis STOROGAM dalam meningkatkan resiliensi anak TK, dan (4) mengukur kepraktisan model pembelajaran mitigasi bencana gempa berbasis STOROGAM dalam meningkatkan resiliensi anak TK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode pengembangan Dick&Carey. Populasi penelitian ini adalah anak TK di Yogyakarta. Sampelnya adalah 259 anak dari empat TK di Kecamatan Pakem yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria tersebut adalah (1) anak TK yang sekolahnya berada di zona merah atau dekat dengan puncak Gunung Merapi, (2) berada di wilayah rawan bencana gempa bumi, (3) anak yang didampingi oleh guru kelas yang sudah bersertifikasi pendidik, dan (4) anak TK yang akreditasi sekolahnya A. Instrumen divalidasi melalui validasi ahli dan validasi media. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan Percentage of Agreement (PA). Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif menggunakan uji T. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran mitigasi bencana gempa berbasis STOROGAM untuk meningkatkan resiliensi anak usia dini dilakukan melalui tiga tahap yaitu knowing, doing, dan apply. (2) Model pembelajaran mitigasi bencana gempa berbasis STOROGAM yang dihasilkan layak digunakan. (3) Model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan resiliensi anak TK, dengan hasil Uji T rata-rata kelompok eksperimen sebesar 22.0196, sedangkan kelompok kontrol sebesar 20.1078 dan Sig. (2-tailed) 0,000, yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol. (4) Model pembelajaran yang dihasilkan tersebut praktis digunakan untuk meningkatkan resiliensi anak TK, dengan hasil uji kepraktisan di kelompok eksperimen pada tahap uji coba lapangan mendapatkan skor 51.89. Hasil tersebut menjadi masukan dan perlu ditindaklanjuti oleh pengambil kebijakan sebagai bahan untuk menyusun kebijakan baru terkait pengembangan resiliensi dalam pembelajaran mitigasi bencana gempa untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, pembelajaran mitigasi bencana, resiliensi
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:15
Last Modified: 13 Mar 2024 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81296

Actions (login required)

View Item View Item