PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT ULUL ALBAB 2 PURWOREJO

Rahmatin, Aulia (2024) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA KELAS VI SDIT ULUL ALBAB 2 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Aulia Rahmatin_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) partisipasi orang tua dalam pendampingan beajar siswa kelas VI SDIT Ulul Albab 2 Purworejo; (2) faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam mendampingi belajar siswa kelas VI SDIT Ulul Albab 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Subjek penelitian yaitu 2 orang wali kelas, 2 wali murid, dan 2 orang siswa kelas VI komite. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi orang tua dalam pendampingan belajar siswa kelas VI di SDIT Ulul Albab 2 Purworejo 2 terbagi menjadi partisipasi moril yang meliputi memberikan kasih sayang, memberi semangat siswa untuk aktif belajar, mendengarkan gagasan/ide serta permasalahan, dan memberikan kritik dan saran; partisipasi tenaga meliputi mengawasi kegiatan belajar, menjadi volunteer, ikut serta dalam kegiatan belajar, mengantar dan menjemput siswa; partisipasi sarana meliputi menyediakan fasilitas belajar dan membantu pengadaan sarana dan prasarana; partisipasi finansial meliputi membayarkan sumbangan pendidikan termasuk biaya les dan kegiatan insidental lainnya dan memberikan uang saku. (2) faktor pendukung meliputi orang tua yang merasa bertanggung jawab, orang tua bersikap terbuka terhadap kondisi siswa, orang tua mudah diajak berkomunikasi, orang tua paham terkait perkembangan anak, hubungan dekat antara orang tua dan siswa, sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu, pengetahuan, dan kemampuan orang tua. Kata kunci: Partisipasi, Orang Tua, Pendampingan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:42
Last Modified: 05 Mar 2024 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81239

Actions (login required)

View Item View Item