Firdausy, Dimas Royyan (2024) PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD N GODEAN 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Text
Skripsi_Dimas Royyan F_PGSD_18108241162.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD IPA berbasis proyek yang layak dan praktis untuk meningkatkan kekatifan belajar peserta didik kelas V SD N Godean 1. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada ADDIE menurut Robert Maribe Branch (2009) dengan menerapkan 5 tahap yaitu tahap analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah 6 peserta didik pada uji coba awal, 15 peserta didik pada uji coba lapangan terbatas dan 1 guru kelas VB SD N Godean 1. Instrumen penelitian ini yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, LKPD IPA berbasis proyek dinyatakan layak dan praktis untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi dari ahli materi dengan skor rata-rata 3,9 dengan kategori layak, hasil validasi ahli media dengan skor rata-rata 4,4 dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru dengan rata-rata 4,9 dalam kategori sangat praktis, hasil uji coba dengan perolehan rata rata 98,5% dalam kategori sangat praktis. Kata kunci: LKPD berbasis proyek, IPA, Keaktifan belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 02:45 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 02:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81195 |
Actions (login required)
View Item |