Pengaruh Metode Inquiry terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik MTs Sunan Pandanaran

Prajanti, Adtin Karunia (2012) Pengaruh Metode Inquiry terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik MTs Sunan Pandanaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adtin-karunia-prajanti-09707251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang melaksanakan pembelajaran dengan metode inquiry dengan peserta didik yang melaksanakan pembelajaran dengan metode pengajaran langsung, (2) ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika peserta didik putra dengan peserta didik putri, dan (3) ada tidaknya pengaruh antara metode pembelajaran dengan perbedaan gender peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup peserta didik kelas VIII MTs Sunan Pandanaran yang terdiri dari 5 kelas putri dan 4 kelas putra. Dari populasi yang ada terpilih dua kelompok eksperimen yaitu kelas VIII A (kelas putri) dan VIII F (kelas putra), kelompok kontrol yaitu kelas VIII B (kelas putri) dan kelas VIII G (kelas putra). Data diperoleh dengan tes tertulis untuk mengukur pemahaman konsep matematika. Data dianalisis menggunakan teknik: 1) statistik deskriptif dan 2) statistik inferensial dengan ANOVA dua arah. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode inquiry dengan metode pengajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis varian dua arah di mana Fhitung = 5,321 sementara nilai F0,05;1,110 = 3,94 dan nilai p = 0,023. (2) Tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika berdasarkan perbedaan gender. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis varian dua arah di mana Fhitung = 1,164 sementara nilai F0,05;1,110 = 3,94 dan nilai p = 0,283. (3) Tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran inquiry dan metode pengajaran langsung dengan perbedaan gender terhadap pemahaman konsep matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis varian dua arah di mana Fhitung = 0,097 sementara nilai F0,05;1,110 = 3,94 dan nilai p = 0,756.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: inquiry, pemahaman konsep matematika, perbedaan gender
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8118

Actions (login required)

View Item View Item