PPENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT (PTA) SUB SCIENCE PRODUCTS: MODEL ALAT UKUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III

Atik, Yuliana (2012) PPENGEMBANGAN PERFORMANCE TASK ASSESSMENT (PTA) SUB SCIENCE PRODUCTS: MODEL ALAT UKUR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08302244004.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08302244004.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08302244004.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08302244004.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08302244004.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek penilaian PTA dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan science products: model alat ukur pada siswa kelas X MAN Yogyakarta III. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan penilaian pembelajaran yang menggunakan 4-D (Four-D Models), yang memiliki beberapa tahap diantaranya tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap diseminasi (disseminate). Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas X MAN Yogyakarta III Kelas X B sebgai kelas uji coba tahap 1, dan untuk uji coba tahap 2 menggunakan kelas X D dan X C . Pada saat berlangsungnya penelitian dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam kegiatan pembuatan model alat ukur dalam praktikum. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian PTA sub science products: model alat ukur, lembar pengamatan psikomotorik dan lembar pengamatan afektif. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menghasilkan aspek-aspek penilaian PTA sub science products: model alat ukur yaitu model digambar supaya jelas dalam menunjukkan dimensi dan peranannya; model dapat mensimulasikan bagian yang nyata, disertai keakuratan skala, ditekankan pada skala utama dan noniusnya; model itu kokoh dan aman untuk digunakan, tidak harus terbuat dari bahan yang mahal; model diberi warna, nama dan alat lain yang berfungsi untuk menjelaskan; model rapi, dapat dipresentasikan dan dapat mewakili sebagai media belajar yang murah dan bermanfaat, lembar pengamatan psikomotorik yaitu mencermati/ membaca panduan percobaan, merangkai alat dan bahan percobaan, mengukur panjang, lebar, tinggi balok kayu, mengukur diameter dalam, diameter luar dan kedalaman potongan pipa dan lembar pengamatan afektif yaitu sikap teliti dalam pengukuran, sikap jujur (objektif) dalam melaksanakan percobaan, sikap hati-hati dalam melakukan percobaan, bertanggung jawab ketika melakukan percobaan, dan berperilaku santun. Kata kunci: pengembangan, PTA, proses pembelajaran fisika, science products, model alat ukur

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, PTA, proses pembelajaran fisika, science products, model alat ukur
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Dec 2012 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 17:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8112

Actions (login required)

View Item View Item