PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN

Gibra Nantika, Berliana Vita (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SELOMULYO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
ARTIKEL FIX_Berliana Vita Gibra Nantika_19108244038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Selomulyo. Keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Selomulyo masih termasuk rendah sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian tindakan ini menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi dengan instrumen berupa lembar observasi dan lembar penilaian keterampilan berbicara atau rubik penilaian. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yang ditentukan adalah 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara dari keadaan awal (diagnostic assessment), siklus I, dan siklus II. Tahap diagnostic assessment menunjukkan keterampilan berbicara siswa masih tergolong dalam kategori kurang sekali dengan jumlah siswa tuntas 11 siswa (41,67%). Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas yaitu 16 siswa (66,67%). Sedangkan, pada siklus II, dengan adanya perbaikan dari siklus I yaitu guru menjelaskan kembali aspek-aspek keterampilan berbicara, guru memberikan naskah sebelum pembelajaran agar siswa lebih menguasai materinya serta ketika diskusi dan evaluasi siswa diberikan lembar kerja. Dengan adanya perbaikan dari siklus I jumlah siswa tuntas mengalami peningkatan menjadi 23 siswa (95,83%). Keterampilan berbicara pada siklus II telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% dari jumlah siswa mendapatkan nilai KKM ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara dapat ditingkatkan menggunakan metode role playing pada siswa kelas V SD Negeri Selomulyo Ngaglik Sleman. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode role playing, siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2024 04:20
Last Modified: 28 Feb 2024 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81087

Actions (login required)

View Item View Item