Aprilianto, Doni (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PANJURA (PAPAN PENJUMLAHAN PENGURANGAN) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Skripsi_Doni Aprilianto.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bernama PANJURA (Papan Penjumlahan Pengurangan) yang layak, praktis dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas II SD Negeri 2 Canan yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Adapun model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch pada tahun 2009. Model Pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Subjek implementasi pertama adalah 3 siswa dan subjek implementasi kedua adalah 12 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket validasi media, angket validasi materi, angket respon guru dan angket respon siswa. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media PANJURA dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas II sekolah dasar. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,86 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,7 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji kepraktisan pada 3 siswa mendapatkan skor rata-rata 4,88 dengan kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji kepraktisan pada guru mendapatkan skor rata-rata 5 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil perhitungan pre-test dan post-test menunjukan bahwa media PANJURA memiliki skor 0,75 masuk dalam kategori “Tinggi” dan skor 75% masuk dalam kategori “Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PANJURA termasuk dalam media yang memiliki tingkat efektifitas tinggi dan dapat meningkatkan pemahaman kemampuan konsep matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Kata Kunci: PANJURA, penjumlahan dan pengurangan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 03:58 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 03:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |