PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DARAT

Ayuningsih, Sinta (2024) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DARAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI FULL_Sinta Ayuningsih_19108241145_PGSD2019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Darat. Dalam pembelajaran siswa kurang berminat dengan pembelajaran IPA, terlihat dari keterlibatan siswa yang kurang aktif dalam tanya jawab. Selain itu, hanya 9 dari 22 siswa yang memperhatikan penjelasan guru, siswa kurang tertarik dengan pembelajaran, serta siswa tidak memiliki rasa senang terhadap pembelajaran IPA terlihat dari raut wajah siswa yang terpaksa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Darat tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Darat. Peningkatan minat belajar IPA terlihat dari siswa yang lebih terlibat, tertarik, merasa senang, dan lebih memperhatikan pembelajaran IPA. Peningkatan minat terlihat dari siswa yang mencapai kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu pada skor kriteria minat sangat baik (80% - 100%) berjumlah 80% dari jumlah siswa. Pada pra siklus sebanyak 18,1% atau 4 siswa, siklus I sebanyak 86,4% atau 19 siswa, dan siklus II sebanyak 100% atau seluruh siswa. Peningkatan pada siklus II terjadi karena adanya perbaikan di siklus I. Perbaikan tersebut membuat siswa lebih berminat terhadap pembelajaran IPA. Kata Kunci: minat belajar IPA, media video pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:48
Last Modified: 28 Feb 2024 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81083

Actions (login required)

View Item View Item