MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA SMP

La, Moma (2012) MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA SMP. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 53.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP diperlukan suatu model pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran, maka diperlukan suatu model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan yang dimaksudkan adalah model pembelajaran generatif (generative learning model). Pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran berbasis konstruktivisme, yang lebih menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Model pembelajaran generatif menuntut siswa untuk aktif dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Selain itu, siswa juga diberi kebebasan untuk mengungkap ide atau gagasan dan alasan terhadap permasalahan yang diberikan sehingga akan lebih memahami pengetahuan yang dibentuknya sendiri dan proses pembelajaran yang dilakukan akan lebih optimal. Model pembelajaran generatif terdiri dari lima tahap yakni: (1) tahap orientasi; (2) tahap pengungkapan ide; (3) tahap tantangan dan restrukturisasi; (4) tahap penerapan; (5) tahap melihat kembali. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Generatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Generatif
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 07 Dec 2012 00:48
Last Modified: 07 Dec 2012 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8102

Actions (login required)

View Item View Item