Pamungkas, Ridwan Dedi (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MEDIA 3D BANGUN RUANG MULTI WARNA BERBASIS REALISCTIC MATHEMATICS EDUCATON (RME) DI KELAS 5 SD N KRADENAN 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
TAS_Ridwan Dedi Pamungkas_19108244037.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika melalui penerapan media 3D bangun ruang multiwarna berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas V SD Negeri Kradenan I. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD N Kradenan 1 yang berjumlah 11 siswa. Desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Kriteria keberhasilan untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif 76% dari jumlah siswa mencapai KKM ≥ 75. Kriteria keberhasilan persentase tiap indikator aktivitas siswa lebih dari atau sama dengan (≥) 75% dari seluruh jumlah siswa mendapatkan predikat keaktifan belajar tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media 3D bangun ruang multiwarna berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dapat mengikatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD N Kradenan 1. Ketercapaian indikator keaktifan belajar Matematika mengalami peningkatan. Berdasarkan data hasil penelitian, pada pra pencapaian keaktifan belajar Matematika sebesar 40,94% (kategori rendah). Ketercapaian indikator keaktifan belajar Matematika mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 70,57% (kategori sedang) dan peningkatan pada siklus II yaitu 82,85% (kategori tinggi). Hasil belajar pun mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,2%. Hasil belajar siklus I, dari 11 siswa 8 siswa (72,7%) yang berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,3. Setelah dilakukan tindakan siklus II, sebanyak 10 siswa (90,9%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85. Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), bangun ruang multiwarna, keaktifan siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 02:35 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 02:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81015 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |