IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS X PADA EVALUASI MATERI SIFAT-SIFAT BILANGAN BERPANGKAT DENGAN PANGKAT BILANGAN BULAT DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Kholida, Agustin and Yulia, Linguistika (2012) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS X PADA EVALUASI MATERI SIFAT-SIFAT BILANGAN BERPANGKAT DENGAN PANGKAT BILANGAN BULAT DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-16. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 50.pdf

Download (447kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Salah satu tahapan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu alat untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Evaluasi materi sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat (meliputi pangkat bilangan bulat positif, pangkat bilangan bulat negatif dan pangkat nol) di kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dilakukan dengan instrumen tes uraian. Pemilihan tes uraian ini diharapkan dapat menunjukkan letak kesulitan atau kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan siswa kelas X pada evaluasi materi sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian dimulai dengan pembuatan instrumen tes sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Langkah selanjutnya adalah pembuatan kunci jawaban beserta rubrik penskorannya. Instrumen tes tersebut kemudian diajukan kepada guru pembimbing untuk memperoleh saran. Setelah instrumen direvisi, kemudian dilaksanakan evaluasi di kelas. Selanjutnya praktikan mengoreksi hasil evaluasi dan mengidentifikasi kesalahan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X pada evaluasi bilangan berpangkat dengan pangkat bilangan bulat. Identifikasi tersebut kemudian diikuti dengan proses refleksi baik dari pihak mahasiswa praktikan, guru, maupun siswa agar dapat menjadi bahan perbaikan untuk pembelajaran yang akan datang. Kata kunci : identifikasi, evaluasi, kesalahan siswa, bilangan berpangkat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: identifikasi, evaluasi, kesalahan siswa, bilangan berpangkat
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 04 Dec 2012 00:23
Last Modified: 04 Dec 2012 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8097

Actions (login required)

View Item View Item