MEREDUKSI MATHEMATICS ANXIETY DAN MENYUBURKAN PROBLEM SOLVING ABILITY DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING

Ketut Sutame, M.Pd and Harpinto, S.Pd (2012) MEREDUKSI MATHEMATICS ANXIETY DAN MENYUBURKAN PROBLEM SOLVING ABILITY DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-12. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 49.pdf

Download (211kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Pemerintah menghendaki pembelajaran matematika di sekolah menengah mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif (Permendiknas No. 22 tahun 2006) dan pembelajaran yang menyenangkan (Permendiknas No. 41 tahun 2007). Pembelajaran yang mampu mendorong berpikir kritis dan kreatif tersebut adalah pembelajaran yang mengarahkan siswa pada permasalahan non rutin yakni problem solving ability (Glazer, 2001: 14). Pembelajaran yang menyenangkan bermakna pembelajaran yang mampu mereduksi mathematics anxiety. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mampu mereduksi mathematics anxiety adalah pendekatan problem posing ((Brown & Walter, 2005: 166-167), (Akay & Boz (2008:1279)). Selain itu, problem posing juga mampu meningkatkan problem solving ability ((Tugrul Kar, Ercan Ozdemir, Ali Sabri Ipek, dan Mustafa Albayrak (2010)), Reda Abu-Elwan El Sayed (1996), Xiaogang Xia, Chuanhan Lü,Bingyi Wang (2008)). Kata Kunci: Mathematics Anxiety, problem solving ability, problem posing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mathematics Anxiety, problem solving ability, problem posing
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 03 Dec 2012 07:52
Last Modified: 04 Dec 2012 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8096

Actions (login required)

View Item View Item