KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTUL

Wahyu , Puji Astuti (2012) KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI SE KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, manajemen pendidikan.

[img]
Preview
Text
08101241023.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai keefektifan pelaksanaan supervisi akademik dan pengembangan profesi guru golongan IV/a oleh kepala sekolah di SMA Negeri se Kabupaten Bantul, yang difokuskan pada pelaksanaan supervisi akademik dan pembinaan pengembangan profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan dua variabel yaitu keefektifan pelaksanaan supervisi akademik dan keefektifan pengembangan profesi guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, serta wawancara tidak terstruktur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi sebagian besar kepala sekolah, (1) tingkat keefektifan pelaksanaan supervisi akademik tergolong cukup efektif (100%), tingkat keefektifan jika dilihat per bentuk/ sub variabel pelaksanaan supervisi akademiknya, yaitu: penyusunan perencanaan pembelajaran oleh guru tergolong efektif (50,00%), pelaksanaan pembelajaran oleh guru tergolong cukup efektif (52,50%), evaluasi pembelajaran tergolong cukup efektif (100%), dan teknik supervisi tergolong cukup efektif (83,33%). Sementara itu menurut persepsi sebagian besar guru golongan IV/a, pelaksanaan supervisi akademik juga tergolong cukup efektif (84,96%), tingkat keefektifan jika dilihat per bentuk/ sub variabel pelaksanaan supervisi akademiknya, yaitu: penyusunan perencanaan pembelajaran oleh guru tergolong cukupefektif (68,15%), pelaksanaan pembelajaran oleh guru tergolong cukup efektif (71,68%), evaluasi pembelajaran tergolong kurang efektif (54,87%), dan teknik supervisi tergolong cukup efektif (87,61%), (2) tingkat keefektifan pengembangan profesi guru berupa pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru golongan IV/a terkait pengembangan profesi guru menurut persepsi sebagian besar kepala sekolah tergolong kurang efektif (66,67%), sedangkan menurut persepsi sebagian besar guru golongan IV/a, pembinaan pengembangan profesi guru tersebut juga tergolong kurang efektif (77,00%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item View Item