KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR PADA MASA ADAPTASI NORMAL BARU DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

MATIALA, TIARA FATHULMILA (2023) KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR PADA MASA ADAPTASI NORMAL BARU DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
tiara fathulmila matiala_18703254010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dasar negeri pada masa adapatasi normal baru di kabupaten Bolaang Mongondow timur, (2) mengetahui faktor pendukung dalam implementasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah dasar negeri pada masa adaptasi normal baru di Kabupaten Bolaang Mongondow timur, (3) mengetahui faktor penghambat dalam implementasi kepemimpinan instruksional kepala sekolah dasar negeri pada masa adaptasi normal baru di Kabupaten Bolaang Mongondow timur. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed method) dengan model campuran embedded dimana pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dilakukan secara bersamaan dan data kuantitatif didukung oleh data kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri Kabupaten Bolaang Mongondow timur. Purposive sampling (judgemental sampling) digunakan untuk mendapatkan sampel penelitian ini. Responden data kuantitatif adalah 55 kepala sekolah dasar negeri. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket tertutup. Uji validitas dan reabilitas instrument menggunakan correlation product moment dan rumus alpha cronboach dengan program SPSS versi 25.0. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dengan program Microsoft excel. Kemudian informan penelitian kualitatif terdiri dari 8 kepala sekolah dasar negeri di Kabupaten Bolaang Mongondow timur. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan wawancara semi terstruktur. Instrument penelitian kualitatif adalah pedoman wawancara. Analisis data kualitatif digunakan untuk pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa (1) kepemimpinan instruksional kepala sekolah dasar negeri pada masa adaptasi normal baru di Bolaang Mongondow timur yang paling banyak dilakukan adalah dimensi pertama yaitu menetapkan misi sekolah kemudian diikuti dengan dimensi ketiga yaitu mengembangkan iklim yang kondusif untuk pembelajaran dan yang terakhir adalah dimensi kedua yaitu mengelolah program pembelajaran, (2) faktor yang mendukung kepala sekolah dasar negeri dalam mengimplementasikan kepemimpinan instruksional pada masa adaptasi normal baru di kabupaten Bolaang Mongondow timur yaitu semua warga sekolah terlibat aktif demi keberhasilan pembelajaran di sekolah, (3) faktor yang menghambat kepala sekolah dasar negeri dalam mengimplementasikan kepemimpinan instruksional pada masa adaptasi normal baru di kabupaten Bolaang Mongondow timur yaitu (a) kurang kreatifnya guru, peran orang tua dan alat penunjang pembelajaran, (b) keterbatasan waktu kepala sekolah karena adanya pekerjaan administrasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Instruksional, Kepala Sekolah Dasar Negeri, Masa adaptasi normal baru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:54
Last Modified: 21 Feb 2024 04:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80913

Actions (login required)

View Item View Item