PENGELOLAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN KARAWITAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BANTUL

Sesaria , Heisy Azani (2012) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN KARAWITAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, manajemen pendidikan.

[img]
Preview
Text
07101241019.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran ekstrakurikuler kesenian karawitan yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler kesenian karawitan di SD Kecamatan Bantul, (2) pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler kesenian karawitan di SD Kecamatan Bantul, dan (3) evaluasi hasil belajar ekstrakurikuler kesenian karawitan di SD Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu guru ekstrakurikuler karawitan, kepala sekolah, dan penanggungjawab kegiatan karawitan. Sekolah dasar di Kecamatan Bantul yang menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler karawitan berjumlah empat sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan interactive model, yang langkah-langkahnya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam perencanaan pembelajaran karawitan, guru ekstrakurikuler karawitan tidak menyusun silabus dan RPP (2) Kegiatan pelaksanaan pembelajaran karawitan meliputi: kegiatan membuka pembelajaran, inti pembelajaran, dan menutup pembelajaran. Kegiatan membuka pembelajaran karawitan yang dilakukan oleh guru antara lain memberikan apersepsi, memberikan motivasi kepada siswa, dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Kegiatan inti pembelajaran karawitan meliputi penggunaan strategi pembelajaran komando dan praktik; menyampaikan teori karawitan dengan cara tertulis, memberikan bimbingan arahan, serta motivasi kepada siswa dalam kegiatan praktik karawitan; memberikan penguatan verbal, gestural dan penguatan dengan cara memberikan kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan menutup pembelajaran karawitan meliputi menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan, dan memberikan penguatan, (3) evaluasi pembelajaran karawitan dilakukan dengan memberikan tes tertulis dan praktik karawitan kepada siswa, sedangkan tindak lanjut dari evaluasi hasil belajar karawitan siswa dilakukan dengan cara memberikan remidial kepada siswa yang belum dapat memainkan instrumen gamelan dengan benar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item View Item