Hartoyo (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN DAN (PAKEM) SISWA KELAS V SD NEGERI WINDUSARI I KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, FIK.
|
Text
skripsi 334.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran senam lantai guling depan dengan pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus 2 kali tatap muka. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Motode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan hasil observasi kolabolator. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dapat meningkat. Indikator ketercapaian setiap aspek, diantaranya: (1)aktif, meliputi perhatian, selalu ingin mencoba gerakan yang benar, guru aktif memotivasi siswa dalam pembelajaran.(2)kreatif, meliputi kreatifitas siswa dalam bertanya. (3)efektif, meliputi semua siswa sudah dapat melakukan senam lantai guling depan dengan baik dan benar. (3)rasa senang, meliputi antusius, semangat, percayadiri dan menyenangkan selama pembelajaran. Nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan sekolah yaitu 70. Tetapi hasil penelitian menunjukkan ketuntasan siswa 100%. Kata kunci : Pembelajaran, Guling depan, PAKEM
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR) |
Depositing User: | Admin PKR FIK |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 03:27 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |