PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL YANG TERINTEGRASI DENGAN SOFT SKILL

In Hi, Abdullah (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL YANG TERINTEGRASI DENGAN SOFT SKILL. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 46.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa sebagai akibat dari penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill dan pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII SMP dari tiga SMP di Kota Ternate yang tergolong dalam kategori sekolah tinggi, sedang, dan rendah. Pada masing-masing sekolah dipilih secara acak dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan awal matematik, tes kemampuan representasi matematis, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan klaster sekolah terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis. Hasil analisis terhadap data observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan soft skill dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, keberanian untuk mengemukakan argumen dan kemampuan bertanya lanjut. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual, Integrasi Soft Skill

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Kontekstual, Integrasi Soft Skill
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 04 Dec 2012 00:23
Last Modified: 04 Dec 2012 00:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8087

Actions (login required)

View Item View Item