Damayanti, Rosa (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS KOMIK PADA MATERI KALOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 5 SD NEGERI 1 JETIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Text
rosadamayanti_19108244005_FIKS (1).pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya bahan ajar dalam muatan pembelajaran IPA kelas V SD Negeri I Jetis dan bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan komik. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Lima tahap meliputi: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Jetis yang terdiri dari 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar angket respon guru, lembar angket respon siswa, dan soal pretest dan post test. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar komik untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V Sd Negeri I Jetis dikatakan layak dan praktis dengan adanya hasil dari angket uji kelayakan dan juga uji respon. Hasil rata-rata kelayakan dari ahli materi adalah 3,20 dengan presentase 80% dan ahli media adalah 3,61 dengan presentase 90,25%. Dan dikatakan Praktis melalui angket respon guru dengan presentase 75% dan angket rspon siswa dengan ratarata 81,34. Kata Kunci: bahan ajar komik, pemahaman
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:24 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80856 |
Actions (login required)
View Item |