Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar, Kerja sama, Percaya Diri dan Disiplin Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas

Supriyanto, Agus (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar, Kerja sama, Percaya Diri dan Disiplin Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Atas. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_agus supriyanto_21609261006.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan model pembelajaran berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar, kerja sama, percaya diri dan disiplin peserta didik sekolah dasar kelas atas, 2) untuk mengetahui kelayakan model pembelajaran yang dikembangkan, 3) untuk mengetahui kepraktisan panduan penggunaan model pembelajaran yang dikembangkan, 4) serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran penjas berbasis permainan tradisional untuk kemampuan gerak dasar, kerja sama, percaya diri dan disiplin bagi peserta didik sekolah dasar kelas atas. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D), yang menggunakan pendekatan penelitian ADDIE kepanjangan dari Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Validator dilakukan pada ahli berjumlah lima orang. Subyek Uji coba dilakukan oleh peserta didik kelas IV dengan Uji coba skala kecil 40 peserta didik, Uji coba skala besar 80 peserta didik, uji kepraktisan dan uji efektivitas 20 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes kemampuan gerak dasar. Analisis uji validasi menggunakan aiken dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha, serta analisis kelayakan, kepraktisan dan keefektifan menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis permainan tradisional berisikan tiga permainan, yaitu: 1) Boy-boynan, 2) Gobak Sodor, 3) Betengan, 4) Engklek Pesawat. Dari hasil uji validasi ahli pembelajaran mendapatkan rata-rata 0,94 dan ahli materi 0,95. Hasil uji Reliabilitas validasi ahli pembelajaran yaitu sebesar 0.813, dan hasil uji reliabilitas instrumen validasi ahli materi sebesar 0.451. Sehingga dapat dinyatakan konstruksi draf model pembelajaran yang dikembangkan valid dan reliabel. Hasil uji kelayakan mendapatkan persentase 90%. Sehingga dapat dinyatakan model pembelajaran berbasis permainan tradisional yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan panduan model pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 100%, sehingga dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan praktis untuk digunakan. Hasil uji efektivitas mendapatkan persentase 100% dengan penjabaran sebagai berikut: variabel keterampilan gerak dasar mendapatkan nilai taraf signifikansi sebesar .000 < 0.005 maka hasil menunjukkan perbedaan yang signifikan. Pada variabel kerja sama, percaya diri dan disiplin peserta didik terdapat peningkatan skor sebelum (Pre test) mendapatkan rata-rata 79 dan sesudah(post test) menggunakan model pembelajaran rata-rata skor 89. Sehingga dapat dinyatakan pengembangan model pembelajaran berbasis permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar, Kerja sama, percaya diri dan disiplin peserta didik sekolah dasar kelas atas.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, permainan tradisional, keterampilan gerak dasar kerja sama, percaya diri, disiplin
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:46
Last Modified: 06 Mar 2024 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80811

Actions (login required)

View Item View Item