Isnaeni, Nadia Farah (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTOBSERVE-EXPLAIN) PADA KELAS V SDIT BAIK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Nadia Farah Isnaeni_19108244041_PGSD - Full Text Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada peserta didik kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak, Krapyak Kulon, Panggungharjo, Sewon, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembelajaran dengan menerapkan model POE melalui tiga tahapan yaitu predict, observe, Explain. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDIT BAIK yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 9 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah 80% dari peserta didik memperoleh nilai ≥70 sesuai dengan KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang didapatkan peserta didik pada materi pengumpulan dan penyajian data. Prasiklus didapatkan data peserta didik yang tuntas sebanyak 7%. Pada akhir siklus I menunjukkan peningkatan hasil belajar, di mana peserta didik yang tuntas sebanyak 88%. Meskipun pada siklus I sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian, akan tetapi siklus II diadakan guna memperbaiki kekurangan yang masih terjadi pada siklus I. Dengan perbaikan yang dilaksanakan pada siklus II menghasilkan peserta didik yang tuntas sebanyak 94%. Kenaikan yang terjaDi dalam penerapan sebesar 81% pada siklus I dari hasil pretest, sementara pada siklus II mendapat kenaikan 6% dari siklus I. Kata kunci : pengumpulan dan penyajian data, hasil belajar, model POE
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 07:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 07:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |