PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MULYODADI

Indriyana, Oki (2024) PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH MULYODADI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FULL_OKI INDRIYANA_19108241162_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan buku suplemen IPA yang layak untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Mulyodadi, dan (2) menghasilkan buku suplemen IPA yang praktis untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian research and development (R&D) dengan prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket responden, dan skala penilaian ahli. Serta populasi penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Muh Mulyodadi. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku suplemen IPA “layak” untuk untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Mulyodadi, (2) buku suplemen IPA “praktis” untuk untuk meningkatkan pemahaman materi sistem pencernaan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Mulyodadi. Adapun hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 3,5 yang berada pada kategori “sangat layak”. Selanjutnya penilaian dari ahli media memberikan skor rata-rata 3,36 yang berada pada kategori “layak”. Praktisi guru memberikan skor rata-rata 3,7 yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Hasil uji coba terbatas memperoleh skor rata-rata 3,4 yang termasuk pada kategori “sangat praktis”, dan hasil uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 3,5. Dengan demikian, jika dikonversikan ke dalam data kualitatif maka skor tersebut termasuk dalam kategori “sangat layak dan sangat praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran kelas V sekolah dasar. Skor kemampuan pemahaman konsep sistem pencernaan manusia mengalami peningkatan dari rerata capaian 5,56 pada saat pretest menjadi 7,72 setelah diadakannya postes. Kata kunci : Buku Suplemen, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Suplemen, Ilmu Pengetahuan Alam, Sekolah Dasar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Jun 2024 01:42
Last Modified: 25 Jun 2024 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80654

Actions (login required)

View Item View Item