KORELASI PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATKA DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN GAMPING TAHUN AJARAN 2010/2011

RETNO , WULANDARI (2012) KORELASI PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATKA DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN GAMPING TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108247074.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108247074.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108247074.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108247074.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108247074.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi persepsi pelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika, korelasi minat belajar dengan prestasi belajar matematika, korelasi persepsi dan minat secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika, sumbangan relatif dan efektif persepsi terhadap prestasi belajar matematika, sumbangan relatif dan efektif minat terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Gamping, Sleman, Yogyakarta. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster quota random sampling secara undian. Metode pengumpulan data menggunakan angket model Skala Likert untuk pengumpulan data persepsi serta minat belajar matematika. Sedang untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika menggunakan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi ganda, sedang uji asumsi (pra syarat) menggunakan teknik chi kuadrat (X 2 ) untuk uji normalitas, sedang untuk uji linieritas menggunakman teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif signifikan persepsi dengan prestasi belajar matematika, korelasi positif signifikan minat dengan prestasi belajar matematika, ada korelasi positif signifikan persepsi dan minat secara bersama-sama dengan prestasi belajar matematika. Sumbangan relatif sebesar 74,228%, sumbangan efektif persepsi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 70,385%, sumbangan relatif minat terhadap prestasi belajar matematika sebesar 25,772%, dan sumbangan efektifnya sebesar 24,437%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: korelasi, persepsi pelajaran matematika, minat belajar matematika, prestasi belajar matematika
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Dec 2012 02:40
Last Modified: 29 Jan 2019 17:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item